Jalan-Jalan Yuks!

Jalan-jalan Seru Menjelajah Pesona Alam Indonesia

Sunday, October 11, 2015

Tips Aman Travelling Sendirian. Backpacker dan Traveller Wajib Tau!

Bepergian seorang diri, menjelajahi tempat wisata, apalagi yang tempat yang tidak familiar bagimu, memang terdengar menyeramkan bagi sebagian orang. Segala sesuatunya tidak bisa diprediksi, sehingga berbagai kemungkinan pun bisa terjadi. Jika kamu adalah seorang perencana yang tidak bisa bepergian ke tempat baru secara impulsif, ada beberapa tips aman traveling sendirian yang akan memudahkan kamu untuk menjelajahi kota tanpa merasa rentan dan sendirian. Jangan khawatir, bepergian seorang diri tidak semengerikan kedengarannya kok.

Tips aman travelling sendirian
Tips aman travelling sendirian (ilustrasi)

Berikut adalah berbagai tips Tips Aman Travelling Sendirian 


  • Paparkan Rencanamu 

Kamu harus memberi tahu orang orang terdekatmu tentang rencana perjalanan yang kamu buat; naik apa, sampai jam berapa, pergi ke mana saja, dan sebagainya. Akan lebih baik lagi jika rencana yang dipaparkan detail dan jelas. Dengan begitu, orang orang terdekatmu akan bisa mengetahui dan mengecek keadaanmu. Jika ada sesuatu yang salah, mereka bisa langsung mengetahuinya. Kecuali kamu berada di daerah yang susah sinyal, penting untuk selalu memberi kabar pada orang orang terdekatmu di rumah. Sekalipun kamu berada di daerah yang sulit sinyal, pastikan sebelumnya kamu memberi kabar ke rumah bahwa kamu akan sulit dihubungi selama beberapa waktu ke depan.

Jika lalu kamu membuat perubahan pada rencana dan jadwal perjalananmu, jangan lupa untuk memberi kabar.

  • Soal Uang 

Disarankan supaya kamu tidak membawa dompet. Bagi uang menjadi beberapa bagian, kemudian simpan tiap bagian di tempat yang berbeda-beda. Ketika harus mengeluarkan uang di tempat umum, pastikan kamu tidak melakukannya dengan mencolok. Lebih aman untuk menyiapkan receh di saku celana jeans sehingga lebih mudah untuk mengambilnya.

Selalu simpan sisa uangmu di hotel. Bawa uang secukupnya saja jika ingin bepergian. Kalaupun kamu harus mengambil uang di ATM, masukkan uangnya ke dalam tempat yang sulit dijangkau, seperti saku celana jeans yang ketat. Jika memungkinkan, lebih baik tidak usah membawa tas. Kalungkan ponsel atau kameramu di leher.

  • Hati-Hati Terhadap Orang Asing 

Memang, sebagai seorang pengunjung, tentunya kita diminta untuk bisa membawa diri, bersikap ramah, dan tahu sopan santun terhadap orang lain di daerah tersebut, apalagi penduduk asli. Salah salah kita justru akan celaka jika tidak bisa membawa diri dengan benar. Namun, ada bedanya antara bersikap ramah dan terlalu terbuka.

Disarankan, jangan memberi tahu siapapun, bahkan juga jangan mengindikasikan hal tersebut dalam perbincangan, bahwa kamu sedang pergi seorang diri. Sebisa mungkin, jangan arahkan pembicaraan tentang teman bepergian.

Satu poin tambahan lannya, meskipun seandainya kamu baru pertama kali pergi ke daerah tersebut, jangan menunjukkan gelagat orang baru yang tidak tahu apa apa. Bersikap lah seolah kamu sudah tahu segala sesuatu tentang kota tersebut. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan peta sebelum kamu pergi ke luar hotel. Gunakan Google Map atau aplikasi peta yang lain, sehingga kamu setidaknya sudah mengetahui daerah yang akan kamu jelajahi.

Penting juga untuk mempelajari bahasa sekitar. Selain untuk menghormati penduduk lokal, ini juga berguna untuk membuatmu membaur.

  • Soal Pakaian 

Ini mungkin terdengar sepele bagi tips aman traveling sendirian, tapi penting juga untuk mengetahui kebudayaan sekitar; apa yang pantas dan apa yang tidak bagi kebiasaan lokal. Sebaiknya, hindari pakaian yang terlalu mencolok, yang mengindikasikan bahwa kamu seorang turis dari kota besar dan membawa uang banyak. Pakaian seperti ini akan mengundang perhatian yang tidak diinginkan.

Selain itu, jangan menggunakan pakaian yang terlalu terbuka dan melanggar batas kesopanan. Disarankan untuk mengenakan pakaian santai biasa sehingga memudahkanmu untuk membaur dengan sekitar.

Satu lagi, jangan mengenakan perhiasan, baik itu imitasi ataupun bukan (kecuali mungkin perhiasan plastik atau yang semata bersifat hiasan). Emas, perak, atau logam mulia apapun disarankan tidak digunakan. 

  • Simpan Gadget-mu 

Ya, memang kita butuh mengambil gambar atau foto-foto di tempat-tempat tertentu yang pemandangannya bagus. Namun, berhati hatilah dengan gadget dan barang barang pribadimu. Disarankan untuk tidak menggunakannya secara mencolok.

Jangan menelepon atau sibuk sendiri dengan ponsel saat sedang berjalan jalan. Dengan kata lain, jangan bawa kebiasaan kota besarmu ke daerah tujuan wisata yang kebiasaannya berbeda dengan yang biasa kamu temukan sehari-hari di kota. Selain bisa lebih leluasa menikmati perjalanan tanpa harus sibuk dengan gadget, tidak sibuk sendiri dengan gadget akan menunjukkan rasa hormatmu terhadap sekitar.

Tips aman traveling sendirian di atas tidak hanya berlaku bagi wanita, tetapi juga bagi pria. Untuk berjaga jaga, sebaiknya kamu menyiapkan satu nomer kontak darurat yang bisa dihubungi dengan mudah jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Jika kamu tahu aturan, menghormati sekitar, dan tidak bersikap dan bergaya berlebihan, bepergian sendirian tidak akan menjadi masalah, dan malah akan membuatmu ketagihan; karena traveling sendirian, dalam beberapa poin, lebih menyenangnkan ketimbang pergi beramai-ramai.

Back To Top