Jalan-Jalan Yuks!

Jalan-jalan Seru Menjelajah Pesona Alam Indonesia

Monday, October 5, 2015

Buaian Keindahan Wisata Raja Ampat. Sepotong Surga di Bumi Papua

Kenapa harus berwisata ke luar negeri jika di negeri kita ini ada banyak sekali serpihan-serpihan surga yang pastinya akan selalu mengundang decak kagum? Ya, benar kata Koes Ploes dalam syair lagunya yang kurang lebih menyebutkan bahwa tanah kita merupakan tanah surga. Terlalu banyak keindahan alam yang tidak bisa kita hitung satu-persatu. Mau tahu contohnya? Raja Ampat di Tanah Papua telah menjadi saingan berat bagi Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang paling elok di bumi nusantara ini.

Keelokan Raja Ampat sekarang ini sudah tidak dalam level nasional saja, namun, sudah melingkupi taraf internasional. Terbukti dari jumlah wisatawan luar negeri yang mengunjungi Raja Ampat yang semakin tahun semakin bertambah jumlahnya. Yuk, mari kita sama-sama tengok, apa sih yang ditawarkan oleh wisata Raja Ampat? Apa saja yang bisa kita lakukan di sana? Dan apa saja yang kudu dipersiapkan agar perjalanan wisata kita ke sana bisa berlangsung aman dan nyaman?

Selamat Datang di Raja Ampat. Sepotong surga di Bumi Papua
Selamat Datang di Raja Ampat. Sepotong surga di Bumi Papua

Keindahan dan Keunikan Yang Ditawarkan Raja Ampat 

Kata para traveler yang sudah pernah melakukan wisata Raja Ampat, jangan pernah mengaku traveler sejati jika belum pernah mengunjungi kawasan daerah wisata yang seakan tidak lelah memberikan pesonanya di Tanah Papua ini. Jika diminta harus menyebutkan keindahan dan keunikan Raja Ampat, terus terang saja, saya tidak sanggup. Bukannya karena saya tidak mau tapi karena memang terlalu banyak keindahan yang ditawarkan. Namun, paling tidak, saya bisa menyebutkan beberapa dan saya harap, beberapa keindahan dan keunikan tersebut bisa semakin menarik Kamu untuk mengunjungi Raja Ampat.

Satu hal yang pasti ketika kita berbicara tentang Raja Ampat adalah wisata bawah lautnya. Kita patut berbangga hati karena Raja Ampat telah dinobatkan sebagai salah satu daerah wisata dengan wisata bawah laut yang paling cantik di dunia dan disandingkan dengan Great Barrier Reef di Australia. Berbagai macam tur menawan di bawah air akan mengajak Kamu untuk melihat pesona dunia yang sama sekali berbeda dari dunia di permukaan. Kekayaan bawah lautnya yang megah dan rasa menegangkan karena diombang-ambing arus laut akan jadi pengalaman yang tidak mungkin Kamu lupakan selama berwisata di Raja Ampat.

Perlu Kamu tahu, wisata Raja Ampat mencakupi area yang sangat luas. Terdapat empat pulau utama yang bernama Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Terhitung luasnya sekitar 4 juta hektar yang terdiri dari tanah dan laut. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Raja Ampat sudah menjadi tandingan bagi Great Barrier Reef yang selama ini dianggap sebagai area laut yang paling kaya keaneka ragaman flora dan fauna bawah lautnya, Raja Ampat juga tidak mau kalah. Sudah terdata lebih dari 540 jenis karang, lebih dari 1500 jenis ikan, dan 700 macam spesies moluska. Yang semakin membuat kita bangga adalah pernyataan The Nature Conservancy and Conservation International yang mengatakan bahwa Raja Ampat merupakan rumah dari 75% spesies laut dunia.

Dapatkan informasi seputar jajanan enak di Bogor >> Kota Bogor, Kota Wisata Kuliner

Spot Wisata Air Raja Ampat Yang Asri dan Eksotis 

Wisata Raja Ampat yang menakjubkan
Wisata Raja Ampat yang menakjubkan
Jika kegiatan air merupakan pilihan Kamu untuk menghabiskan waktu wisata di Raja Ampat, pastikan Kamu mengunjungi Waigeo Selatan. Daerah ini selalu menjadi tujuan favorit para pecinta diving. Jangan lupa, saat berada di sini, pastikan Kamu mengunjungi Kabui Bay yang menawarkan keindahan banyak pulau karang, tempat bersejarah Raja Ampat yang terletak di Kali Raja, dan gua tengkorak. Kemudian di Sawkamurek, Kamu akan menemukan pantai pasir putih yang tersedia lengkap dengan karang-karang yang indah serta bebek laut. Masih kurang? Pergilah ke sebelah Barat Waigeo, Kofiau, dan Batanta. Kamu bisa menikmati waktu-waktu menyelam yang tidak akan kamu lupakan. Karst atau pulau karang yang terletak di kepulauan Wayag juga patut kamu sambangi supaya Kamu bisa menikmati suasana lain objek alam yang pastinya sangat menarik dan patut untuk Kamu nikmati.

Jika kamu berada di Raja Ampat pada saat akhir tahun, sempatkan waktu juga untuk pergi ke Timur Waigeo untuk menemukan fenomena alam yang unik sekaligus memukau yang bernama Hantu Laut. Fenomena ini terjadi karena disebabkan oleh sebuah sinar memancar dari air laut. Kamu bisa menyaksikannya selama 10 – 20 menit dengan naik di atas perahu yang berada mengitari permukaannya.

Dan destinasi berikutnya yang juga wajib Kamu kunjungi adalah Pulau Ayau yang terdiri dari deretan pulau-pulau kecil dan terletak di Kepulauan Karang. Ukuran pulau-pulau tersebut cukup besar dan dilengkapi dengan lautnya yang berpasir putih. Kamu akan menemukan bahwa sebenarnya Pulau Ayau terhubung antara satu pulau dengan pulau lainnya. Temukan juga pulau-pulau berpasir unik yang bernama Zandplaat tak jauh dari Pulau Ayau.

Bagaimana Cara Kamu Bisa Berwisata ke Raja Ampat 

Transportasi mungkin jadi kendala utama kalau kamu mau ke Raja Ampat. Sebenarnya bukan cuma di Raja Ampat saja, tapi Papua secara keseluruhan, transportasi menjadi permasalahan mengingat kontur permukaan Papua yang berbukit dan bergunung. Jadi pilihan transportasi ke Raja Ampat hanya ada 2, yaitu udara dan laut dengan jadwal keberangkatan hanya sekali saja dalam sehari. Jadi jangan sampai ketinggalan yaa..

Untuk sebagian orang, wisata ke Raja Ampat terbilang mahal. Ya apalagi kalau bukan karena biaya transportasi yang tinggi. Tapi semua biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sebanding dengan apa yang akan kamu dapati di Raja Ampat nanti. Kalau budget terbatas, saya sarankan ikuti tips saya tentang jalan-jalan murah

Untuk bisa mencapai Raja Ampat, satu hal yang pasti adalah Kamu harus pergi ke Sorong terlebih dahulu. Saat ini sudah ada beberapa maskapai penerbangan nasional yang melayani rute dari dan ke Sorong. Kemudian dari Sorong, Kamu bisa terbang ke Raja Ampat dengan mengendarai Susi Air yang memiliki kapasitas 14 orang saja.

Atau Kamu bisa memilih metode transportasi dengan menggunakan kapal perintis atau kapal wisata dari Sorong menuju ke Waisai yang merupakan ibu kota Kabupaten Raja Ampat yang terletak di Pulau Waigeo. Perjalanan biasanya akan menempuh waktu 2 jam.

Wisata air andalan Raja ampat
Wisata air andalan Raja ampat
Perlu Kamu tahu, jadwal kapal feri berangkat dari Sorong ke Waisai adalah pukul 13.00 setiap harinya dan kapal feri akan kembali dari Waisai ke Sorong pada pukul 11.00. Jika Kamu menginginkannya, Kamu bisa berkeliling dulu di Sorong dengan menggunakan speedboat sembari menunggu jadwal keberangkatan kapal feri ke Raja Ampat.

Tips-tips Penting Seputar Wisata Raja Ampat

Bisa dikatakan sebenarnya tidak ada kendala yang berarti yang akan Kamu alami saat ingin mendapatkan pengalaman wisata Raja Ampat. Namun, terkadang, banyak orang cukup bingung dengan rute yang harus ditempuh untuk sampai ke Raja Ampat. Paling tidak, informasi yang sudah diberikan sebelumnya cukup membantu Kamu. Lalu, adakah tips yang mungkin bisa membantu Kamu untuk mengoptimalkan wisata Raja Ampat? Tentu saja ada. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

  1. Jadwalkan Liburan Kamu ke Raja Ampat Sangat disarankan bagi Kamu untuk menjadwalkan liburan Kamu ke Raja Ampat pada bulan Oktober atau November. Kenapa? Pada bulan-bulan tersebut, kondisi laut di Raja Ampat cenderung lebih tenang. Makanya Kamu bisa lebih menikmati wisata bawah airnya tanpa terlalu merasa was-was. Kondisi laut yang lebih tenang juga akan membantu Kamu untuk mendokumentasikan perjalanan Kamu di Raja Ampat dengan lebih optimal dan nyaman. 
  2. Suka Foto-foto, Bawa Perlengkapan Kamera Khusus Pastinya Kamu ingin mengabadikan momen-momen Kamu di Raja Ampat, bukan? Karena kebanyakan kegiatan di Raja Ampat merupakan kegiatan air dan bawah laut, usahakan membawa perlengkapan kamera khusus untuk membuatnya kedap air. Ada baiknya juga Kamu latihan mengambil foto di bawah air sebelum pergi ke Raja Ampat karena mengambil gambar dengan kondisi di bawah laut jauh lebih susah disbanding proses pengambilan gambar di permukaan.
  3. Bawa Perlengkapan untuk Melindungi Badan Bawa topi, sunscreen, sunblock, kacamata hitam, atau apapun yang kamu pikir diperlukan untuk melindungi badan kamu dari terpaan sinar matahari tropis di Raja Ampat. 
  4. Siapkan Anti Nyamuk Karena kawasan di Raja Ampat masih sangat alami dan terletak di kawasan tropis, otomatis Kamu akan disambangi kawanan nyamuk. Bawalah obat nyamuk, krim nyamuk, atau produk apapun untuk mencegah gigitan nyamuk, dan juga bawalah obat malaria sebagai tindakan preventif. 
Itulah dia sedikit informasi tentang Wisata Raja Ampat yang patut Kamu ketahui. Sekali lagi perlu saya tekankan, keindahan Raja Ampat tidak akan pernah habis untuk Kamu nikmati. Mengapa memilih berwisata ke luar negeri jika surga terletak di negeri kita sendiri? Rencanakan wisata Kamu ke Raja Ampat, persiapkan semuanya, dan selamat menikmati keindahan surga bawah air yang tiada habis pesonanya.

Back To Top