Jalan-Jalan Yuks!

Jalan-jalan Seru Menjelajah Pesona Alam Indonesia

Thursday, October 8, 2015

4 Tempat Wisata di Wonosobo Yang Menakjubkan

Dingin-dingin indah, itulah mungkin yang bisa menggambarkan sensasi yang Kamu dapatkan saat Kamu mengunjungi berbagai tempat wisata di Wonosobo Jawa Tengah. Ya, Wonosobo terkenal dengan dataran tinggi Diengnya yang pastinya dingin namun pada saat yang sama juga memanjakan mata Kamu dengan keindahan alamnya. Dan memang, Wonosobo tidak hanya melulu tentang dataran tinggi Diengnya saja, masih banyak beberapa tempat menawan lainnya yang pastinya sayang untuk Kamu lewatkan.

Jika Kamu memang sudah berencana untuk berwisata ke Wonosobo, yuk, kita tengok sama-sama beberapa tempat yang direkomendasikan untuk Kamu kunjungi.

Inilah 4 Tempat Wisata di Wonosobo Yang Menakjubkan ;


  • Sekilas Mengenai Dataran Tinggi Dieng 

Dataran Tinggi dieng tempat wisata wonosobo yang paling popouler
Dataran Tinggi dieng tempat wisata wonosobo yang paling popouler

Dataran tinggi Dieng atau yang juga dikenal dengan sebutan Dieng Plateau sebenarnya bukan hanya milik Kabupaten Wonosobo saja. Sebelah timur dataran tinggi Dieng sudah merupakan bagian dari Kabupaten Banjarnegara. Kendati demikian, karena sebagian besar wilayahnya berada di Wonosobo, kita terbiasa menyebut dataran tinggi Dieng, Wonosobo.

Kondisinya yang terletak di daerah pegunungan Dieng yang merupakan area yang sangat cocok untuk sektor pertanian dengan didukung oleh tanahnya yang subur. Ada berbagai macam jenis hasil pertanian yang dibudi dayakan di Dieng seperti wortel, kobis, dan kentang. 

Bicara tentang sejarah dan asal-usulnya, dataran Dieng ternyata merupakan piliihan penduduk Kalingga sebagai pengganti simbol “surga” yang dipercaya berada di Himalaya. Penduduk Kalingga ini pada jaman dahulu melakukan migrasi besar-besaran ke berbagai penjuru Asia, termasuk salah satunya ke Pulau Jawa. Karena kimiripan lanskapnya (yang berupa dataran tinggi) dengan wilayah Himalaya, Dieng dianggap sebagai representasi daerah surgawi yang berada di tanah Jawa. Makanya di Dieng banyak ditemukan candi-candi, salah satunya Candi Dieng, yang merupakan bukti bahwa pada jaman dahulu, wilayah Dieng merupakan wilayah religius.

Nama Dieng sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari kata “Di” dan “Hyang”. “Di” berarti tempat yang tinggi dan “Hyang” berarti dewa-dewa atau leluhur.

  • Nikmati Keunikan Curug Winong 

Curug Winong Wonosobo. Aksesnya lebih mudah dicapai daripada Air Terjun sikarim
Curug Winong Wonosobo. Aksesnya lebih mudah dicapai daripada Air Terjun sikarim
Salah satu destinasi “wajib” di Wonosobo adalah Curug Winong. Terletak di Desa Winongsari, Curug Winong ini menawarkan air terjun yang cukup unik karena bentuknya yang bertopografi seluncur sekaligus pemandangan khas pegunungan di Wonosobo yang pastinya memanjakan mata Kamu.

Mungkin Kamu cukup kuatir dengan akses ke Curug Winong ini karena memang terletak di pedalaman hutan desa. Namun, Kamu tidak usah takut. Akses ke sana sudah diperbaiki. Jalan raya yang mulus dan beraspal sudah tersedia sampai ke area parkir menuju ke Curug Winong. Dari area parkir, mau tidak mau Kamu harus berjalan kaki menuju ke lokasi Curug yang letaknya sekitar 500 meter. Sekali lagi, Kamu tidak perlu galau karena jalan sudah dipaving sehingga nyaman untuk dilalui walaupun masih ada beberapa area yang berupa jalan setapak.

Selama berjalan kaki, tentunya Kamu bisa menikmati asrinya pemandangan pedesaan dengan sungai yang jernih. Setibanya di lokasi, Kamu akan langsung disuguhi keindahan air terjun setinggi sekitar 70 meter. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, topografi air terjun ini unik seperti seluncur. Dan di kiri kanan air terjun, medannya memiliki kemiringan kurang dari 70 derajat sehingga memungkinkan Kamu untuk mendaki naik.

Selain air terjun, ternyata di area curug juga bisa dtemukan tiga buah batu besar yang cukup memukau juga karena letaknya dan ukurannya. Warga sekitar menamai batu tersebut sebagai watu kelir.

  • Asrinya Air Terjun Sikarim 

Air terjun sikarim wonosobo jawa tengah
Air terjun sikarim wonosobo jawa tengah
Tak lengkap rasanya jika kamu belum mengunjungi air terjun Sikarim sebagai bagian dari perjalanan Kamu mengunjungi tempat wisata di Wonosobo Jawa Tengah. Namun, berbeda dengan Curug Winong, perjalanan ke air terjun Sikarim cenderung lebih menantang karena jalanannya yang berliku-liku dan sangat disayangkan banyak daerah dengan jalan yang masih rusak. Disarankan Kamu mengendarai sepeda motor yang didesain khusus untuk tracking.

Kamu memang bisa mencapai lokasi air terjun Sikarim dengan mengendarai sepeda motor biasa atau mobil dengan resiko kerusakan. Namun, jangan serta merta langsung merasa malas untuk ke sana. Saya berani menjamin, ketika Kamu sudah sampai lokasi air terjun Sikarim, Kamu tidak akan kecewa. Perjalanan yang berat sebelumnya akan terbayar karena Kamu bisa menikmati eloknya lanskap perbukitan yang dilengkapi dengan hijaunya pertanian sayur seluas mata Kamu memandang.

Walaupun jalanan rusak dan menantang, biasanya Kamu akan tergoda untuk menghentikan laju kendaraan Kamu sesekali untuk mengambil foto-foto lanskap di sekitar Kamu. Saat perjalanan, jika Kamu beruntung, Kamu bisa bercengkrama dengan Bajang Dieng atau Si Anak Gimbal Dieng.

Sebelum mencapai lokasi, Kamu juga bisa menengok pertanian wasabi yang dikelola oleh pemerintah Jepang. Kurang lebih, setelah 1 jam perjalanan, Kamu akan sampai di lokasi. Kamu pasti akan langsung tergoda untuk main basah-basahan di bawah air terjun setinggi 100 meter dan dikelilingi hutan hijau yang masih asri ini. Atau Kamu mungkin bahkan tertarik untuk sedikit melakukan pendakian.

  • Pengalaman di Kebun Teh, Agrowisata Tambi 

Tempat agrowisata Kebun teh Tambi Wonosobo Jateng
Tempat agrowisata Kebun teh Tambi Wonosobo Jateng
Satu lagi destinasi tempat wisata di Wonosobo Jawa Tengah yang sayang untuk Kamu lewatkan adalah agrowisata Tambi. Agrowisata ini merupakan perkebunan teh dan menjadi objek wisata alam yang pastinya tidak akan mengecewakan Kamu.

Setibanya Kamu di lokasi, hamparan perkebunan teh akan memukau Kamu. Dan silakan menikmati udaranya yang sejuk dan segar. Temperatur di sekitar agrowisata Tambi berada pada kisaran suhu 15 derajat. Tentunya kondisi tersebut akan semakin membuat Kamu betah berlama-lama di sana bukan?

Di kejauhan, Kamu bisa melihat Gunung Sindoro berdiri kokoh yang semakin mempercantik suasana di sekitar Kamu. Perkebunan teh ini sangat cocok untuk Kamu yang hobi foto-foto. Dengan luas sekitar 829 hektar, lokasi wisata yang terletak sekitar 16 km dari Kota Wonosobo ini juga menghadirkan Factory Tour yang akan mengajarkan Kamu cara memilih teh, memetik teh, melihat pemrosesan teh dan menikmati teh segar nan hangat.

Memang masih banyak lagi tempat wisata di Wonosobo Jawa Tengah lainnya yang juga tidak kalah menariknya. Namun paling tidak, beberapa tempat wisata di atas bisa menjadi acuan Kamu tentang bagaimana menikmati masa liburan di Wonosobo. Selamat berlibur dan selamat datang di Wonosobo.

Back To Top