Jalan-Jalan Yuks!

Jalan-jalan Seru Menjelajah Pesona Alam Indonesia

Wednesday, October 21, 2015

Berwisata di Dataran Tinggi Dieng Menikmati Sepotong Surga di Bumi

Dataran Tinggi Dieng bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif tujuan wisata anda beserta keluarga. Ada banyak tempat wisata yang ditawarkan di Indonesia. Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk pergi ke luar negeri karena Indonesia sendiri menawarkan banyak sekali tempat wisata yang memanjakan mata kita bahkan banyak turis dari luar negeri yang juga datang berkunjung ke Indonesia untuk menikmati pesona alam Indonesia.

Air terjun salah satu wisata menarik wilayah kabupaten Wonosobo
Air terjun salah satu wisata menarik wilayah kabupaten Wonosobo

Sebelum anda berangkat ke Dataran Tinggi Dieng, ada baiknya anda membaca informasi menarik di bawah ini. 


  • Sekilas Tentang Dataran Tinggi Dieng 

Dataran Tinggi Dieng juga dikenal sebagai Dieng Plateau. Dieng merupakan daerah wisata kabupaten Wonosobo atau di bagian timur kabupaten Banjarnegara. Daerah tanahnya yang subur membuat sektor pertanian menjadi andalan di daerah ini. Ada banyak jenis tanaman yang dibudidayakan misalnya kentang, wortel, kol dan lain sebagainya. Semua hasil pertanian tersebut kemudian dijual atau dikirim ke beberapa daerah di Jawa Tengah lainnya bahkan sampai ke Jawa Barat dan Jakarta.

Ketika berkunjung ke Dieng, ada beberapa paket wisata yang bisa anda nikmati. Pertama anda bisa menikmati paket wisata alam yakni menikmati pemandangan alam yang sangat indah bahkan banyak orang yang mengatakan bahwa mereka semua seperti sedang berada di negeri dongeng atau di surga karena keindahan alamnya.

Kedua, Anda juga sekaligus bisa berwisata sejarah. Dieng sendiri mempunyai latar belakang histori yang sangat menarik untuk dipelajari. Hal ini terbukti dengan masih adanya banyak peninggalan sejarah yang ada di Dieng ini.

Ketiga, anda juga bisa menikmati wisata budaya. Khasanah budaya yang ada di Dieng ini juga sangat menarik. Banyak upacara tradisional yang sangat menarik untuk dilihat bahkan turis mancanegara sengaja datang untuk melihat keunikan upacara adat di sini.

Lalu obyek wisata apa saja yang ditawarkan kepada anda yang sedang beribur ke Dataran Tinggi Dieng ini?

  • Obyek Wisata Menarik di Dataran Tinggi Dieng 

Obyek wisata menarik banyak ditawarkan kepada anda. Tentu saja anda tak boleh melewatkan satupun obyek wisata yang ada di Dataran Tinggi Dieng ini. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata menarik dan wajib anda kunjungi

  1. Telaga Warna. Telaga warna ini salah satu tempat wisata favorit yang wajib untuk dikunjungi. Seperti namanya, anda akan bisa melihat warna yang berbeda di telaga ini. Telaga ini sendiri juga mempunyai legenda. Menurut warga, telaga ini mampu memunculkan warna karena dahulunya ada cincin seorang bangsawan yang jatuh ke dalam telaga ini. Sebenarnya secara ilmiah, telaga ini mampu memperlihatkan warna yang cantik karena adanya pembiasan cahaya. Ada beberapa warna yang bisa kita nikmati seperti biru laut, hijau dan putih kekuningan. 
  2. Bukit Sikunir. Anda yang suka berburu keindahan matahari terbit bisa datang ke bukit Sikunir ini. Bukit ini ada di ketinggian 2200 mdpl dan lokasinya di Desa Sembungan. Desa ini sendiri merupakan desa paling tinggi di Jawa Tengah. Dinamakan Sikunir karena cahaya matahari di pagi hari yang kekuningan seperti kunyit atau kunir dalam bahasa Jawa. 
  3. Candi Dieng. Salah satu peninggalan sejarah yang masih bisa kita lihat di Dataran Tinggi Dieng ini adalah Candi. Banyak sekali candi hindu yang tersebar. Candi-candi tersebut diberi nama Candi Arjuna. Candi Bima, Candi Gatot Kaca, Candi Skrikandi, dan lain sebagainya. 
    Candi Dieng Wonosobo Jawa Tengah
  4. Kawah Sikidang. Anda yang suka menikmati keindahan kawah di Dataran Dieng ini bisa datang ke Kawah Sikidang. Kawah ini merupakan kawah yang dijadikan lokasi wisata karena pemandangan yang sangat indah dari tempat ini. Anda bisa melihat juga penampakan bukit hijau dan tanah kapur yang ada disekitar kawah ini. 
Selain keempat tempat wisata tersebut masih ada beberapa tempat wisata yang bisa anda nikmati untuk sekedar menikmati pemandangan alam dan juga memanjakan mata anda.

Kawah sikidang di Komplek Wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah
Kawah sikidang di Komplek Wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah

Bagaimana untuk bisa sampai ke Dieng? Anda bisa mengetahui informasinya di bawah ini.

  • Panduan Perjalanan ke Dataran Tinggi Dieng 

Untuk bisa mencapai ke Dataran Tinggi Dieng anda bisa menempuh perjalanan darat. Anda bisa memilih moda transportasi yang anda inginkan misalnya bus, sepeda motor, mobil pribadi dan lain sebagainya. Ada yang datang dari luar jawa bisa menggunakan pesawat dan kemudian mendarat di kota Yogyakarta. Anda yang datang dari kota Jakarta bisa naik bus yang kini telah banyak ditawarkan. Ada bus jurusan Jakarta–Wonosobo dengan tarif yang bervariasi. Jarak tempuhnya sekitar 10-12 jam. Anda yang datang dari Yogyakarta bisa menggunakan bus jurusan Yogyakarta- Wonosobo dan anda bisa menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam dari Yogyakarta.

  • Tips Penting Berlibur ke Dataran Tinggi Dieng 

Anda yang sudah membulatkan tekad untuk berlibur ke Dataran Tinggi Dieng bisa mencermati beberapa tips di sini

  1. Kemasi baju hangat dan jaket. Suhu di Dieng pada siang hari sekitar 12 –20 derajat celcius dan malam hari 6 -10 derajat celcius. 
  2. Bawa pelembab seperti krim wajah, lip balm, dan lotion karena udara yang dingin akan membuat kulit dan bibir menjadi kering serta pecah-pecah. 
  3. Pilih penginapan sebelum datang ke Dieng. Kini telah banyak penginapan yang ditawarkan secara online. Anda juga bisa memilih penginapan murah yang ditawarkan warga lokal. Anda yang datang rombongan lebih baik memilih homestay karena lebih murah. Pastikan penginapan yang anda pilih menawarkan dan menyediakan air hangat untuk anda mandi. 
  4. Lebih baik anda bertanya harga makanan di kedai makan sebelum anda memesan. Hal ini akan menghindari anda dari memesan makanan dengan harga yang sangat mahal. 
Kini anda bisa lebih tenang merencanakan liburan anda bersama teman atau keluarga ke Dieng. Anda perlu mempersiapkan badan anda agar anda tetap sehat ketika menikmati liburan di Dataran Tinggi Dieng.

Back To Top