Jalan-Jalan Yuks!

Jalan-jalan Seru Menjelajah Pesona Alam Indonesia

Monday, September 21, 2015

Kota Bogor, Kota Wisata Kuliner (Informasi tempat jajanan enak di Bogor)

Saya sudah tinggal di Bogor sejak tahun 2007. Berarti sudah 8 tahun saya menghirup udara Bogor yang seger. Tapi, baru 6 bulan belakangan ini aja saya baru 'ngeh' ternyata kota Bogor terkenal dengan kota wisata kuliner. Dan, kasihannya lagi, baru 3 bulan belakangan ini saya ada 'minat' nyoba berbagai jajanan kota Bogor.

  Salah satu jajanan soto di Jalan Surya Kancana-Bogor
Salah satu jajanan soto di Jalan Surya Kancana-Bogor

Wisata kuliner yang pertama kali saya cicipin adalah pecel ayam Jl. Kapt. Yusuf-Ciapus. Nggak ada istimewanya ya kan #hehe Pecel ayam memang bukan jajanan yang istimewa bagi sebagian orang. Wong yang dagang bertebaran dimana-mana, nggak cuma di Bogor doang. Saya masukin pecel ayam Jl. Kapt. Yusuf-Ciapus sebagai wisata kuliner pertama saya karena inilah tempat pertama dimana saya 'terinspirasi' untuk mencoba tempat-tampat makan lainnya.


Waktu itu saya makan sama teman saya. Dari sekian banyak pecel ayam yang pernah saya sambangin, disinilah pecel ayam yang paling enak. Sambelnya 'hot' nendang. Buat yang perutnya nggak kuat pedas, jangan pernah coba - coba makan disini deh ;) Kecuali makannya nggak pake sambel, tapi kan mana enak pecel ayam tanpa sambel?! Ya kan?

Ayamnya digoreng garingnya pas banget, jadi dagingnya tetap empuk dan 'crispynya' tetap dapat #thumbs. Nah disinilah keluar celetukan dari teman saya,"Disini lebih enak daripada Aroma." Aroma itu nama tempat makan yang menu andalannya juga ayam goreng. Saya cuma ngangguk aja, padahal saya belum pernah makan di Aroma #hihihi Celetukan teman saya itulah yang mendorong saya kepingin membuktikan sendiri apa benar Ayam gorang Aroma yang notabene tiap harinya penuh sesak sama pengunjung bisa kalah enak sama pecel ayam model pinggir jalan begini #hmmmm

Dan hasilnya .... teman saya memang nggak salah ngomong!
Dari sinilah muncul hobi baru saya, berwisata kuliner.

Balik lagi ke kota Bogor sebagai kota wisata kuliner, dimana buannyak banget tempat-tempat makan atau jajanan yang enak dan khas, dari yang kelas pinggir jalan sampai rumah makan, yang kesemuanya pantas dan layak kamu datangin

Wisata Kuliner di Jalan Surya Kancana-Bogor

Di sepanjang jalan Surya Kancana kota Bogor, contohnya. Disana berjejer tukang soto. Dari soto mie khas Bogor sampai soto kuning atau soto daging semua ada. Saya sih baru nyoba soto kuningnya Pa Yusuf. Dan ternyata pa Bondan juga pernah mampir kesini, beliau bilang 'maknyuss'. Dalam hal ini, saya satu selera sama pa Bondan. #hehehe

Jalan Surya Kencana populer dengan wisata kulinernya
Jalan Surya Kancana populer dengan wisata kulinernya

Oya, kalau mau kulineran di jalan Surya Kancana ini, kamu yang muslim mesti hati-hati. Disini banyak yang jual makanan nggak halal. Pastikan tempat kamu makan ada logo tulisan 'Halal'. Bukan logo halal MUI ya, tapi tulisan 'halal' dalam bahasa Arab. Kalau nggak ada, lebih baik cari tempat makan lain aja deh.

Maju sedikit ke arah Sukasari ada asinan gedung dalam yang sudah terkenal. Sebelum Sukasari, belok ke kanan, ke arah Batu Tulis ada warung tenda pinggir jalan yang menyediakan Mie Ayam. Disitu pembelinya ramai terus. Saya belum pernah mampir, cuma kayaknya sih enak. Logikanya nggak mungkin bisa ramai begitu tiap harinya kalau rasanya nggak enak. Nanti kalau saya sudah mampir saya 'review' deh diblog ini.

Wisata Kuliner di Jalan Pajajaran dan Taman Kencana-Bogor

Putar arah masuk ke Jalan Pajajaran. Disitu berjejer restoran dan tempat makan yang lezat-lezat. Kue lapis talas khas Bogor juga ada disini. Terus ada juga sate kambing yang 'ajib' rasanya. Sayang saya lupa nama restorannya. Nggak ketinggalan juga warung makan pinggir jalan dengan model prasmanannya.

Jajanan Mie Jogja Pak Karso, Jl Pajajaran Bogor
Jajanan Mie Jogja Pak Karso, Jl Pajajaran Bogor

Masih di jalan Pajaran, tepatnya di sekitaran Taman Kencana, banyak banget restoran yang menunya enak-enak dan sudah terkenal kelezatannya. Diantaranya ada Makaroni panggang, sop buah pak ewok, apple pie, terus ada juga sate madura yang kalau Istana Bogor lagi ada event, mereka beli satenya disini ini.

Itu baru sebagian kecil tempat wisata kuliner yang ada di Kota Bogor. Dan masih banyak banget tempat-tempat makan yang nggak rugi kalau kamu mampir. Saya bakal share di postingan saya berikutnya. So, sering-sering mampir ya kesini. Atau LIKE aja fanpage saya di Jalan-Jalan Yuk buat dapatin update artikel dari blog ini

Back To Top